Minggu, 28 Agustus 2011

Memelihara ikan untuk orang malas


  • Apabila Anda merasa orang malas dan ingin memelihara ikan, tanpa perlu sering-sering merawatnya (mis: menguras kolam, memberikan makan pada ikan, dll), tetapi Anda bingung kira-kira ikan jenis apa ya yang cocok dengan gaya hidup pemalas seperti Anda?
    Berdasarka pengalaman penulis, ada beberapa jenis ikan yang cocok dengan gaya hidup pemalas, antara lain:
    1. Ikan Mujair atau Nila, jenis ikan ini sangat cocok dengan gaya hidup seorang pemalas, karena jenis ikan ini memang sangat "tahan banting", mis: ikan ini mampu hidup di dalam kolam yang airnya tidak mengalir, malah karena tidak ada aliran di dalam kolam, Anda jangan kaget apabila sewaktu-waktu ikan Mujair atau Nila peliharaan Anda ini beranak-pinak. Dan biasanya induk betina ikan ini apabila sedang bertelur akan terlihat lebih kurus dari biasanya, karena memang dia menyimpan anak-anaknya di dalam mulutnya. Dari segi harga jual setelah panen, ikan ini termasuk lumayan mahal, karena selain dagingnya yang tebal, rasanya pun gurih/enak .
    2. Ikan Patin, apabila dilihat dari bagian atas, sepintas ikan ini mirip dengan ikan Lele, tetapi apabila kita melihatnya dari samping, maka akan terlihat jelas bedanya, yaitu: warnanya agak keputih-putihan..dan malah menyerupai ikan Hiu yang masih kecil. Sama seperti ikan Mujair atau Nila, ikan Patin ini juga termasuk ikan yang "tahan banting" dan cocok dengan gaya hidup seorang pemalas. Kita juga tidak perlu terlalu sering memberinya makan, karena memang jenis ikan ini sangat sedikit makannya...dan Anda juga jangan kaget apabila ikan Patin ini seakan-akan/tiba-tiba menjadi besar, karena memang jenis ikan ini cepat sekali pertumbuhannya. Untuk harga jual setelah panen, ikan jenis ikan ini lumayan mahal, karena memang selain rasanya yang enak, dagingnya pun tebal
    3. Ikan Bawal Hitam, Merah atau Putih, nah jenis ikan ini juga masuk dalam ketegori ikan yang "tahan banting", tetapi bila dibandingkan dengan jenis ikan di atas (Mujair/Nila dan Patin), harga jual jenis ikan ini setelah panen agak murah, karena dagingnya tidak terlalu tebal.

  • Nah, apabila Anda masuk dalam kategori seorang pemalas tetapi ingin memelihara ikan, peliharalah jenis ikan-ikan seperti di atas. Jangan coba-coba memelihara ikan Lele, Mas, Gumare, dll...karena jenis ikan-ikan ini termasuk jenis ikan yang butuh perlakuan khusus alias telaten (Bahasa Jawa artinya tekun)
    Tetapi saran saya, jadinya orang yang rajin, dan jangan malas-malas amat...selamat mencoba..good luck

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar