Minggu, 28 Agustus 2011

Sumur resapan

Apa itu sumur resapan? ya..mungkin masih segelintir orang yang fimiliar dengan istilah sumur resapan ini, karena memang pengenalan tentang lingkungan hidup masih sangat minim atau kalau tidak mau dikatakan tidak pernah sama sekali diberikan dalam kehidupan masyarakat kita.
Sumur resapan adalah sumur yang bisa berbentuk lingkaran atau persegi empat, apabila bentuknya lingkaran, diameternya hanya sekitar 1 meter, dan apabila berbentuk persegi empat ukuran panjang x lebarnya kurang lebih seperti bentuk bujur sangkar dan hanya berukuran 1 m x 1 m saja.
Banyak orang yang keliru antara sumur resapan dengan sumur tempat penyimpanan air (hujan), sumur resapan adalah sumur yang bisa menyerap air (hujan) sedangkan sumur tempat penyimpanan air adalah sumur yang dibuat agar air tidak bisa menyerap ke dalam tanah (kira-kira fungsinya sama seperti sebuah kolam)
Fungsi sumur resapan ini kurang lebih sama seperti lubang biopori yaitu berfungsi untuk menyerap air hujan masuk ke dalam tanah, karena sayang sekali bila air hujan itu harus "terbuang" percuma ke kali ataupun sungai.
Pembuatan sumur resapan ini pun tidak begitu sulit dan mahal, kita tidak perlu merancangnya secara khusus. Kedalaman sumur resapan juga tidak boleh terlalu dalam, biasanya hanya sekitar 150 cm saja, dan dinding pembentuk sumur resapan ini dibentuk oleh batu bata + adukan pasir & semen dan disusun agak longgar (Ingat! dinding sumur resapan ini tidak perlu diplester/aci, sehingga memudahkan air untuk meresap ke dalam tanah).
Lokasi yang ideal untuk sumur resapan ini adalah di dekat talang air hujan di rumah kita, sehingga apabila hujan turun maka air hujan tsb akan langsung masuk ke dalam sumur resapan ini, sehingga air hujan tsb tidak "terbuang" percuma ke kali ataupun sungai.
Karena fungsinya murni hanya untuk menyerap air, maka jangan sekali-kali memasukkan cairan kimia ataupun beracun ke dalamnya, karena itu sama saja dengan mencemari tanah/lingkungan kita. Dan agar tidak membahayakan orang yang melintas di atasnya, maka sumur resapan ini bisa ditutup dengan kayu, plat besi ataupun cor-coran beton, untuk kemudian bisa diletakkan bunga/pohon di dalam pot di atasnya, sehingga secara estetika tetap enak untuk dilihat.
Ingin agar lantai rumah kita tidak ambles/turun? segera buatlah sumur resapan disekitarnya, menunggu respon pemerintah....emmhh cuappeekk deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar