Minggu, 28 Agustus 2011

Mengatasi masalah ketombe di kepala


  • Ketombe tidaklah menyakitkan tetapi memalukan, apalagi bila serpihan ketombe jatuh di pundak kita yang kebetulan sedang mengenakan pakaian berwarna hitam, maka bisa dipastikan hal tsb akan mengundang sejumlah mata untuk melihatnya, malu bukan?
    Ketombe adalah sejumlah besar serpihan sel rambut yang berjatuhan dari kulit kepala. Kulit kepala Anda mungkin akan terasa gatal dan merah, juga kelopak mata, hidung, atau dahi Anda. Ketombe biasanya dihubungkan dengan sejenis jamur di kulit kepala, atau bentuk ringan dari sebborhoeic dermatitis - kemerahan bersisik dan gatal yang juga berefek pada kelopak mata. Ketombe lebih umum terjadi pada pria dan diperburuk dengan stress, penyakit, dan beberapa produk rambut. Sisik, serpihan kulit pada kulit kepala bayi dikenal sebagai cradle cap.

    Apa yang dapat Anda lakukan?
    Ketombe biasanya dapat dikontrol dengan perawatan di bawah ini. Anda perlu mengulanginya beberapa kali, karena cenderung sering kambuh.
    1. Gunakan shampoo anti ketombe dan cuci dengan air hangat bukannya panas. Pijat shampoo di kulit kepala dan biarkan bekerja - umumnya 3~5 menit. Kemudian bilaslah sampai benar-benar bersih. --> Shampoo anti ketombe dapat membersihkan ketombe dalam beberapa minggu. Ikuti hati-hati instruksinya karena biasanya merek berbeda akan mempunyai saran yang berbeda pula. Shampoo bisa mengandung pyrithione zinc, selenium sulphide, atau ketoconazole, yang cukup efektif. Sebagai alternatif Anda dapat pula menggunakan shampoo yang mengandung coaltar dan salicylic acid
    2. Gunakan merek shampoo ketombe yang cocok untuk Anda. Jika Anda terkena gatal atau bercak kemerahan, hentikan segera menggunakan shampoo tsb dan coba ganti dengan merek lain yang mengandung komposisi bahan berbeda
    3. Setelah keramas, jangan keringkan rambut Anda dengan pengering rambut karena dapat memperburuk ketombe
    4. Hindari produk rambut dengan alkohol seperti hair spray, karena cenderung mengeringkan kulit kepala, juga mousse, gel, dan cat rambut yang bisa mengiritasi dan memperburuk ketombe.
    5. Obati gatal, serpihan kulit di kelopak mata (blepharitis) dengan pembersih khusus..

  • Selamat mencoba, dan bersiaplah menjadi PD (Percaya Diri) kembali...

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar