Kamis, 01 September 2011

Migrain


  • Migrain adalah sakit kepala berdenyut yang keras, biasanya di satu sisi kepala dan sering kali di belakang mata atau pelipis. Anda akan merasa mual & ingin muntah, sensitif dengan sinar terang dan suara keras.
    Migrain dapat berlangsung beberapa jam hingga sampai 3 hari-an, tak tertahankan hingga sulit mengerjakan aktivitas harian. Sebelum serangan migrain, beberapa orang mendapat gejala fisik peringatan (dikenal dengan aura), seperti gangguan penglihatan dan perubahan dalam rasa juga bau. Ada beberapa faktor pemicu migrain, antara lain: stress, perubahan rutinitas/pola tidur, makanan & minuman tertentu, dan wanita dengan level hormon yang fluktuatif.

    Apa yang dapat Anda lakukan?
    Lakukanlah beberapa perawatan berikut ini, dengan segera:
    1. Gunakan penghilang nyeri pada awal serangan. Jika Anda sakit atau muntah, gunakan obat migrain, antara lain: parasetamol, aspirin, atau ibuprofen sebaiknya diminum segera setelah gejala muncul. Termasuk penghilang nyeri dan anti mual dalam satu tablet. Atau minum tablet prochlorperazine, untuk mengurangi mual dan muntah. Tablet yang larut dapat bekerja lebih cepat. Jika ini tidak efektif, cobalah parasetamol dan codeine. HATI_HATI: jangan berikan aspirin pada anak dibawah 16 tahun.
    2. Atau Anda bisa mencoba mengkonsumsi Feverfew (adalah herbal yang tersedia dalam bentuk suplemen, beberapa orang berkurang migrainnya setelah mencoba mengkonsumsi obat ini)
    3. Jika mungkin berbaringlah dalam ruangan gelap, sepi dengan bantal untuk menopang kepala Anda, dan cobalah untuk tidur.
    4. Minum air sepanjang hari, khususnya jika Anda muntah
    5. Gunakan kacamata hitam jika berada di luar hari yang terik

  • Pencegahan untuk mengurangi serangan migrain:
    Untuk mengurangi frekuensi dan keparahan migrain, coba hal-hal berikut ini:
    1. Catat di buku harian Anda selama beberapa minggu, kapan Anda migrain dan kemungkinan faktor pemicunya. Minum terlalu banyak kafein atau menguranginya secara mendadak dapat menyebabkan migrain
    2. Jika faktornya adalah stress, cobalah untuk menguranginya
    3. Makan teratur dan minum air 6~8 gelas sehari
    4. Pertahankan pola tidur tetap
    Semoga bermanfaat....

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar