Kamis, 08 September 2011

Penjelasan sederhana tentang QC 7 TOOLS


  • QC 7 TOOLS adalah perangkat yang digunakan dalam sistem Quality Control (QC)
    QC 7 TOOLS digunakan sebagai media untuk melakukan pengukuran ataupun indicator keberhasilan/keefektifan suatu aktivitas
    Sesuai dengan namanya, ada 7 alat di dalam QC 7 TOOLS ini. Berikut ini alat-alat yang termasuk dalam QC 7 TOOLS tersebut, berikut dengan fungsi dan kegunaannya.
    1. CHECK SHEET atau formulir, terbagi atas 2 fungsi, yaitu:
      1. Check sheet untuk MENCATAT à Memberi tanda data dengan lambang secara sederhana dan merumuskannya untuk mudah dipahami
      2. Check sheet untuk MEMERIKSA à digunakan ketika menentukan pemeriksaan dan meyakinkanhasil pemeriksaan sebelumnya sertamemeriksanya satu persatu untukmencegah kecelakaan atau kesalahan ketika bekerja.
    2. DIAGRAM SEBAB-AKIBAT atau biasa disebut dengan Diagram Ishikawa (sesuai dengan nama penemunya: Prof. Ishikawa dari Jepang) atau juga biasa disebut dengan Diagram Tulang Ikan atau fish bone diagram (karena berbentuk menyerupai tulang ikan). à Gambar yang memperlihatkan sekilas tentang hubungan antara suatu hasil dengan banyak penyebab yang mempengaruhi hasil tersebut
    3. DIAGRAM PARETO (sesuai dengan nama penemunya: Prof. Pareto dari Italia). Data-data dibagi dan disusun menurut bagiannya dan diurut sesuai besarannya. Grafik ini memperlihatkan biasanya di bagian mana ada masalah dan tingkat kenaikan pengaruhnya.
    4. HISTOGRAM. Grafik bentuk batang yang memperlihatkan data yang didapat dari suatukondisidan dibagi atas beberapa bagian, serta dibuat sesuai nilai data yang ada dalam bagiannya.
    5. GRAFIK. Data disusun dan dibuat grafik agar terlihat dengan mudah perubahan dan besarannya sesuai bagiannya.
    6. DIAGRAM SCATTER atau Diagram Sebar (karena berbentuk titik-titik yang menyebar). Hubungan timbal-balik data-data yang memiliki dua sifat yang ditunjukan dengan penggambaran titik-titik terhadap sumbu X dan Y.
    7. CONTROL CHART atau grafik kendali. Menjelaskan tentang kondisi data proses dan mendapatkan informasi yang diperlukan. Grafik ini dibuat untuk mengendalikan proses secara tepat guna (efisien) sesuaidata-data yang ada.

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar