Selasa, 06 September 2011

Tips sederhana untuk menghemat listrik

Sebagian dari kita pasti pernah bertanya-tanya, bagaimana sih cara/tips menghemat listrik yang efektif? Berikut cara/tips menghemat listrik yang paling sederhana, dan mudah untuk dilakukan oleh siapa pun, dimana pun & kapan pun, antara lain:
  1. Matikan lampu kamar atau ruangan apabila Anda akan meninggalkannya dan tentunya pastikan bahwa di kamar/ruangan tersebut benar-benar sudah tidak ada aktivitas atau orang lagi.
  2. Matikan juga semua lampu, apabila di ruangan tersebut sudah cukup intensitas cahayanya (cahaya dari sinar matahari)
  3. Anda juga dapat mengganti semua lampu di rumah Anda dengan type lampu yang memerlukan voltage/watt sedikit (lampu hemat energi), meskipun harganya sedikit lebih mahal daripada type lampu biasa.
  4. Apabila Anda menggunakan Air Conditioner (AC), pilihlah yang kapasitasnya sesuai dengan volume ruangan yang akan dipasang AC tersebut (istilahnya PK). Untuk menghitung PK yang sesuai Anda dapat berkonsultasi atau bertanya pada penjual/sales AC di toko, atau Anda bisa juga membaca petunjuknya di brosur/selebaran yang biasanya di lampirkan di semua produk AC yang akan dijual. Karena makin besar PK yang digunakan, maka makin besar pula konsumsi listrik yang diperlukan
  5. Jangan lupa belilah AC yang sudah menggunakan sistem inverter, meskipun harganya agak sedikit mahal daripada AC yang tidak mempunyai sistem inverter (biasanya AC yang dijual sekarang hampir semuanya telah menggunakan sistem ini). Sistem kerja AC yang sudah ber-inverter adalah kompresor akan berhenti bekerja sesaat apabila suhu yang kita setting sudah tercapai, mis: kita menyeting suhu sebesar 25 derajat Celcius, maka setelah suhu ruangan telah mencapai 25 derajat Celcius, maka secara otomatis kompresor AC tersebut akan berhenti bekerja, dan apabila suhu kembali naik (melebihi 25 derajat Celcius), maka kompresor akan kembali bekerja, begitu seterusnya, sehingga selain menghemat listrik, usia kompresor juga akan lebih awet, karena tidak dipaksa bekerja terus-menerus.
  6. Seting waktu atau matikanlah AC apabila sudah menjelang pagi hari (mis: sekitar jam 4~5 pagi), karena pagi hari biasanya udara di sekitar kita masih sejuk & segar, lagipula sisa udara dingin dari AC masih terasa sampai dengan 1 jam setelahnya.
  7. Jangan lupa rawat pula AC secara berkala (setiap 3 bulan sekali), sehingga kinerja kompresor atau mesin-mesin pendukung yang ada pada AC tersebut tetap dapat optimal. Anda bisa menghubungi teknisi-teknisi AC di sekitar rumah Anda.
  8. Matikan atau cabut kabel dari penanak nasi listrik (magic jar), apabila jumlah nasi yang di dalamnya sudah tinggal sedikit atau habis.
  9. Mungkin untuk melatih Anda agar lebih disiplin dalam penggunaan listrik, Anda juga bisa mengganti sistem pembayaran listrik di rumah Anda, dari sistem pasca bayar (membayar setiap bulannya) menjadi sistem pra bayar (membayar dengan menggunakan kartu token/isi ulang), sehingga Anda bisa memberi target penggunaan listrik setiap bulannya. Untuk mengganti sistem pembayaran listrik ini, Anda bisa menghubungi kantor pelayanan PLN terdekat di rumah Anda...GRATIS.
Demikian beberapa tips sederhana guna menghemat konsumsi listrik di rumah Anda, ajarkan dan tularkanlah kebiasaan baik ini kepada orang-orang terdekat Anda (mis: istri/suami, anak, pembatu rumah tangga Anda, keponakan, tetangga, dll), niscaya apabila semua orang sudah sadar dalam berhemat listrik, maka krisis energi atau efek polusi yang menakutkan dikemudian hari dapat kita hindari bersama, mari sekali lagi kita jaga & lestarikan bumi ini bersama-sama, sehingga kita bisa mengembalikannya kepada anak-cucu kita kelak dengan kondisi yang masih layak/baik....Let's go green..


Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2208697-tips-sederhana-untuk-menghemat-listrik/#ixzz1X80lNwsE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar