Senin, 05 September 2011

Makanan Penurun Kadar Kolesterol


  • Anda mempunyai masalah dengan kolesterol? (disini penulis hanya mengulas kolesterol jahat saja atau LDL / Low Density Lipoproteins) berhati-hatilah, karena kolesterol itu bisa menjadi "pintu masuk" segala macam penyakit, mis: jantung, stroke, darah tinggi, kegemukan, dll
    Kita ulas saja sedikit pengaruh kolesterol jahat bagi tubuh kita, yaitu: akibat menumpuknya kolesterol di pembuluh darah, maka akan terjadi penyempitan dan akibatnya aliran darah akan menjadi terhambat, khususnya yang ke otak, sehingga bisa dibayangkan jadinya, yaitu: otak kita menjadi tidak bisa digunakan dengan optimal dan kita menjadi sulit untuk berkonsentrasi, dan lama-kelamaan tanpa sadar kita akan menjadi mudah lupa, itulah cikal bakal penyakit alzheimer atau pikun (seperti yang dialami oleh mantan presiden AS ke-40, Ronald Reagen).
    Dan masih banyak lagi macam-macam penyakit lainnya yang disebabkan oleh kolesterol jahat ini.

  • Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi pembuluh darah akan semakin kaku (tidak lentur), maka akan rentan terjadinya penumpukan kolesterol di dalamnya.

    Masih mau kena penyakit-penyakit seperti di atas? gak mau khan? sebenarnya sangat mudah dan murah untuk menurunkan kadar kolesterol tsb, kita hanya perlu berolah raga saja.....olah raga? pasti bagi Anda yang tidak punya waktu atau malas untuk bergerak, akan berfikir 2x untuk melakukannya....boro-boro olah raga, wong jalan keluar rumah aja ogah?

    Ya itulah kira-kira tanggapannya bila kita bertanya kepada orang yang tidak punya waktu dan malas untuk berolah raga, tetapi apakah ada solusi lainnya untuk menurunkan kolesterol tanpa berolah raga? Ya tentunya ada, yaitu: mengkonsumsi beberapa makanan yang banyak sekali kita jumpai di sekitar kita, antara lain:
    1. Belimbing wuluh, bisa juga disebut dengan belimbing sayur, rasanya sangat asam, warnanya hijau dan kuning bila sudah matang, tetapi sebelum menguning dia akan terjatuh dari pohonnya dan cepat sekali menjadi busuk. Bagaimana caranya belimbing wuluh ini bisa menurunkan kolesterol? yaitu: konsumsilah dengan cara dimakan langsung sebanyak 3x sehari, lebih baik setelah makan pagi, siang dan malam. Bagaimana cara menanamnya, gampang anda tinggal menyebar buah-buahnya ke tanah, dan biarkan membusuk, sambil terus disiram oleh air....lambat laun akan tumbuh pohon-pohon kecil dari belimbing wuluh ini.
    2. Buah karsen atau biasa orang mengenalnya dengan nama buah seri, warnanya hijau (kalau belum matang) dan kuning atau merah (kalau sudah matang), pohonnya berbentuk seperti payung dan daunnya berbulu kecil-kecil. Caranya? makanlah sekitar 10 buah (yang matang) setiap hari secara langsung. Bagaimana cara menanamnya? tumbuhan ini adalah jenis tumbuhan liar, jadi biasa tumbuh di lapangan liar.
    3. Daun salam, biasa digunakan untuk bahan tambahan penyedap masakan (mis: membuat nasi uduk). Rebuslah daunnya sebanyak 10 lembar, dari 3 gelas air menjadi tinggal 1 gelas air saja, dan langsung diminum.

  • Dengan mengkonsumsi makanan di atas, niscaya kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh anda akan menjadi turun...mudah bukan? tetapi tetap disarankan untuk melakukan aktifitas olah raga secara rutin, minimal 10 menit/hari (mis: jogging, bersepeda, dll), dan biasakan makan, makanan yang sehat (mis: sayur-sayuran, buah, daging tanpa lemak, dll)...
    Selamat mencoba dan semoga berhasil..

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar