Jumat, 02 September 2011

Cacar air


  • Cacar air adalah penyakit sangat menular akibat virus, umumnya terjadi pada anak-anak, yang menyebabkan bercak yang sangat gatal atau lepuh. Anak yang sedang cacar air ini mungkin merasa tidak enak badan, sakit kepala, dan demam ringan sebelum bercaknya timbul setelah beberapa hari sesudahnya. Gejala pertama muncul 1~3 minggu setelah kontak dengan infeksi, dan sebagian besar anak sembuh total setelah 7~10 hari kemudian.

    Segera hubungi dokter, untuk mengkonfirmasi apakah Anda terserang cacar air.

    Apa yang dapat Anda lakukan?
    Lakukanlah perawatan di rumah untuk membuat anak lebih nyaman guna mencegah dari menggaruk, karena apabila luka cacar air ini sampai pecah, maka kemungkinan besar akan meninggalkan bekas pada kulit si-penderita.
    1. Jika anak demam, ambil langkah menurunkannya. Dan tawarkan pada anak untuk banyak minum sepanjang hari.
    2. Kurangi gatal dengan memandikan anak dengan air hangat dua kali sehari. Tambahkan sodium bikarbonat atau soda kue, berguna untuk mengurangi gatal. Tambahkan dua sendok makan dalam air sepertiga bak mandi, atau lotion oatmeal ke dalam air mandinya, guna mengurangi gatal, kulit melepuh. Tambahkan minyak oatmeal ke air mandi, atau gunakan lotion untuk mandi
    3. Potong kuku anak untuk mengurangi kerusakan akibat menggaruk. Berikan anak sarung tangan katun untuk dikenakan di malam hari menjelang tidur agar tidak melukai kulit sewaktu menggaruk tanpa sadar (pada saat tidur)
    4. Untuk mengurangi bintik di mulut anak, minta mereka berkumur dengan satu sendok teh garam yang telah dicampur di dalam air hangat, jaga agar anak jangan menelan airnya. Minta anak untuk tetap menggosok gigi seperti biasa.
    5. Anak Anda lebih nyaman dengan pakaian ringan, longgar, dan tak gatal. HIndari memakai pakaian yang terbuat dari wol.
    6. Jauhkan anak dari sekolah, atau wanita yang sedang hamil, selama lima hari saat lepuh pertama muncul.

  • Semoga bermanfaat...

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar