Jumat, 02 September 2011

Sinusitis


  • Sinusitis adalah radang membran pelapis sinus (rongga berisi udara yang berada di belakang hidung, pipi, dan dahi). Ini menyebabkan nyeri dan kelembekan di sekitar mata dan pipi Anda, hidung tersumbat dan/ atau berair, dan kadang gatal di bagian atas gigi dan rahang. Anda juga merasa tidak enak di mulut dan merasa demam. Sinusitis biasanya terjadi sebagai komplikasi infeksi flu. Orang yang sering olah raga berenang atau menyelam mungkin lebih rentan terkena penyakit ini.

    Kunjungi dokter jika Anda merasa sinusitis, untuk mengkonfirmasi diagnosis dan mendapatkan saran pengobatan.

    Apa yang dapat Anda lakukan?
    Beberapa hal dapat mengurangi rasa tak nyaman dari sinusitis dan mempercepat kesembuhan, antara lain:
    1. Taruh handuk lembab, hangat di sekitar hidung untuk mengurangi nyeri, atau hirup uap hingga 3~4 kali sehari untuk mengurangi sumbatan. Ini dapat mengeluarkan mukus/ lendir di hidung, tenggorokan, dan sinus. Untuk anak-anak harus dalam pengawasan orang tua. Caranya: isi baskom dengan sepertiga air panas, tetapi tidak mendidih. Anda dapat menambahkan dengan minyak eucalyptus, minyak cemara, atau menthol untuk mengharumkan. Kemudian condongkan badan, tutupi kepala dan baskom dengan menggunakan handuk, perlahan hirup uapnya. Jika hidung Anda tersumbat, bernafaslah lewat mulut hingga hidung lebih lega.
    2. Jika Anda demam, gunakan penghilang nyeri, seperti parasetamol dan ibuprofen, akan mengurangi nyeri di sekitar mata, pipi, dan menurunkan demam. Jika nyerinya terasa parah, coba penghilang nyeri parasetamol dan codeine
    3. Minum minimal 8 gelas cairan hangat sehari
    4. Dekongestan (mengurangi bengkak dalam hidung dan sinus) dapat melegakan hidung Anda. Alternatifnya, coba gunakan tetes hidung saline untuk mengeluarkan mukus/ lendir di hidung (dapat digunakan 6 kali sehari)
    5. Bersihkan hidung perlahan
    6. Tidur dengan kepala yang dinaikkan. Tidur miring dapat memudahkan bernafas.
    7. Hindari menghabiskan waktu di udara dingin, berpolusi, atau berasap rokok.

  • Semoga bermanfaat..

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar