Jumat, 09 September 2011

Tips & cara sederhana guna mencegah penyakit gagal ginjal, jantung & stroke

  • Bagaimana cara sederhana mencegah penyakit gagal ginjal, jantung dan stroke?
    Cara & metodenya sangat mudah & sederhana, yaitu: Minumlah air putih yang cukup (minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter).

    Lho kok harus harus minum air putih? Lalu apa hubungannya air putih dengan penyakit gagal ginjal, jantung dan stroke?

    Alasan sederhananya kurang lebih seperti di bawah ini:
    1. Tubuh manusia itu terdiri sebagian besar dari air (sekitar 80%). Bahkan ada beberapa organ dari tubuh kita yang memiliki kadar air lebih dari itu. Adapun 2 organ paling vital di tubuh kita yang memiliki kadar air lebih dari 80% yaitu: Otak dan Darah. !!
    2. Karena otak memiliki kandungan air sekitar 90%, sedangkan darah memiliki kandungan air sekitar 95%.
    3. Kebutuhan minum manusia pada umumnya minimal adalah 2 liter/hari atau setara dengan 8 gelas/hari. Tetapi jumlah tersebut harus ditambah bila Anda seorang perokok berat. Karena kebutuhan air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air kencing, peluh, sistem pernapasan, dan sekresi.
  • Lalu apa yang akan terjadi apabila kita minum air kurang dari 2 liter/hari?
    Sebagai konsekuensinya tubuh kita akan melakukan penyeimbangan. Dengan cara mengambil kandungan air dari komponen tubuh kita yang lain. Bisa kandungan air yang berada di otak maupun di darah. Tetapi yang memungkinkan adalah kandungan air yang ada di dalam darah.


    Yup..Darah yang diambil kandungan airnya akan berubah menjadi kental. Akibatnya sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan menjadi kurang lancar bila dibandingkan dengan darah yang tidak kental (encer). Pada saat darah melewati ginjal (organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun/kotoran di dalam darah), maka ginjal kita akan bekerja lebih keras untuk menyaring darah yang melewatinya. Dan dikarenakan bentuk pembuluh-pembuluh di ginjal yang melakukan penyaringan darah ini berbentuk sangat halus, maka tidak jarang karena kental, darah yang disaring oleh ginjal ini bisa menyebabkan kerusakkan (menyobek) pada pembuluh di ginjal tersebut (glomerulus). Apabila air kencing Anda berwarna kemerahan, itu adalah indicator adanya kebocoran pada saringan ginjal Anda. 

    Apa yang akan terjadi bila Anda membiarkan kondisi seperti ini?
    Bila dibiarkan terus-menerus, Anda mungkin di masa yang akan datang harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 400,000 / minggu untuk biaya cuci darah


    Lalu bagaimana pengaruhnya dengan otak?
    Perjalanan darah menjadi terhambat, pada saat darah kental melewati otak. Konsekuensinya kondisi otak akan menjadi tidak "encer" lagi, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi secara normal, karena sel-sel otak selalu membutuhkan makanan & oksigen yang dibawa oleh darah tersebut. Kondisi serupa akan menjadi lebih parah bila Anda mempunyai penyakit jantung (karena jantung akan memompa darah yang kental lebih berat lagi), dan kondisi ini akan menjadi pintu masuk serangan stroke dikemudian hari.


    Demikian penjelasan sederhana tentang tips & cara sederhana mencegah penyakit gagal ginjal, jantung & stroke. Sekarang semua kembali ke diri kita masing-masing: apakah akan melakukan "investasi" kesehatan dengan cara yang murah & mudah? (minum sedikitnya 8 gelas/hari) atau malah kita harus membayar mahal, pada saat nanti kita terkena penyakit gagal ginjal, jantung atau stroke.
    Ingat kesehatan adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya, masih banyak orang-orang dibelakang Anda yang masih membutuh Anda (mis: istri/suami, anak, adik,kakak, dll)…selamat merenungkan..

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar